Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mudah Membuat Readmore di Wordpress

Tampilan blog tidak boleh ditinggalkan meskipun sebagian blogger ada yang mengabaikan. Suatu blog akan lebih keren jika tampilannya keren, setuju kan? hehe. Keren itu rapi dan menarik, bahkan saya mendeskripsikan keren itu simple, tidak kebanyakan ornamen ^^

Nah, salah satu yang membuat simple dan rapi dengan menggunakan 'readmore' pada setiap postingan blog. Sehingga antar satu postingan dengan yang lain panjangnya sama. Terlihat lebih rapi dan enak dilihat. Sebagaimana kita sendiri tau bahwa panjang setiap postingan itu tidak sama, dengan bantuan readmore maka tampilan home pada blog akan terlihat cantik. Pertanyaannya bagaimana cara membuat readmore itu?

Cara Membuat Readmore

Berikut akan saya jelaskan cara mudah membuat readmore di wordpress. Membuat readmore pada wordpress lebih mudah daripada pada blogspot, karena wordpress sudah memfasilitasi itu. Wordpress yang saya maksud wordpress.com yang gratisan :D Kalau pada blogspot kita harus mengubah struktur html pada template, atau kita bisa cari template gratis yang sudah ada readmore-nya.

Baiklah langsung saja berikut cara membuat readmore pada wordpress

Pertama,
Tulis dulu artikel pada blog kamu yang berplatform wordpress

Kedua,
Tentukan dimana letak yang akan di readmore, lihat gambar di bawah ini

Cara Membuat Readmore Pada Wordpress

Setelah ditentukan letaknya, ubah mode posting area dari visual menjadi text / html. Perhatikan gambar di atas yang saya tunjukkan dengan tanda panah merah

Ketiga,
Setelah mode berganti, perhatikan dan carilah kalimat terakhir yang sudah kita tandai tadi. Klik kursor pada akhir kalimat tersebut lalu klik toolbar readmore, perhatikan gambar


Hasilnya akan seperti pada lingkaran merah yang paling bawah di atas <!--more-->, lalu klik save.

Keempat,
Kita sudah bisa melihat readmore setelah sampai tahap ketiga, tapi akan tertulisa sesuai default dari masing-masing tema wordpress. Pada template yang saya gunakan tulisannya "Baca lebih lanjut " secara default.
 
Kita bisa ubah tulisan tersebut dengan kata sesuai keinginan kita sendiri. Caranya lihat langkah selanjutnya.

Kelima,
Customize tulisan "more" sesuai keinginan, hanya tinggal menambahkan kata-kata tersebut, lihat gambar di bawah ini

Lihat kalimat yang diblok, tambahkan kalimat setelah tulisan "more" bukan malah dihapus "more"nya dan diganti dengan kalimat kita, nanti malah tidak jadi "readmore"

Keenam,
Klik SAVE dan selesai. Kita bisa view "home" dan lihat hasilnya. Pada blog saya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Readmore Pada Wordpress

Ada beberapa tema gratisan dari wordpress yang sudah support readmore secara otomatis, sehingga kita tak perlu susah payah untuk menambahkan secara manual.

Demikian cara mudah membuat readmore di wordpress ala saya ^^ semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba :D
4 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Readmore di Wordpress"

saya juga menggunakan ini di wordpress blog saya, tidak semua posting sih, terutama untuk posting yang panjang2

salam

wordpress saya tidak ada read mire nya, saya coba praktek seperti tutoial agan. terima kasih sebelumnya

kok yang aku nggak keluar ya read more nya gan?

Sudah ketemu masbro rea.. Trimakasih ya ..

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top