Tips Ngeblog Untuk Pemula. Powered by Blogger.

Cara Mudah Compress Gambar Pada Blog

Bagi seorang blogger yang suka travelling, mengabadikan setiap momen perjalanan merupakan suatu hal yang WAJIB. Biasanya kamera handphone saja tidak cukup untuk mengambil gambar, setidaknya pocket camera atau DSLR selalu sedia ketika hendak bepergian. Pengalaman saya juga begitu, haha.

Saya sendiri jika jalan-jalan atau bepergian ke suatu tempat sudah bisa dipastikan membawa kamera berresolusi tinggi. Alasannya cuma satu, agar bisa membuat posting sesuai foto yang di dapat dari perjalanan, haha. Namun, kendalanya jika menggunakan kamera resolusi tinggi adalah file gambarnya terlalu besar untuk diupload ke dalam blog. Selain memakan space hosting, loading blog juga ikutan lambat :D

Nah, bagaimana caranya agar ukuran gambar tidak menghabiskan space banyak? Caranya adalah dengan mengkompress gambar terlebih dahulu sebelum diupload. Berikut ini cara mudah compress gambar pada blog:

1. Pindah gambar terlebih dahulu dari memori kamera ke dalam komputer / laptop
2. Klik kanan gambar --> Open with --> Microsoft Office Picture Manager

Cara kompres gambar blog

Cara kompres gambar blog

Jika belum ada Microsoft picture manager di situ, silakan klik choose default program, pilih other, cari sampe ketemu itu yang namanya ms picture manager, hehe. Kalo nggak ketemu juga jangan lapor polisi, haha

3. Klik edit picture --> compress pictures, perhatikan gambar di bawah ini

Cara kompres gambar blog

4. Pilih web pages --> klik OK. Lihat gambar

Cara kompres gambar blog

Perhatikan ukuran gambar (size) sebelum dan sesudah dikompress. Pada gambar di atas ukuran original 774 KB dan ukuran setelah dikompress menjadi 25.6 KB saja. Gambar sudah menyusut lumayan banyak ^^

5. Terakhir tinggal SAVE

Cara kompres gambar blog

Setelah di save, gambar sudah mengecil, silakan upload ke dalam blog. Dijamin gambar-gambar yang diupload tidak akan begitu banyak memakan space ^^

Smoga cara mengkompress gambar blog ini bisa diaplikasikan ke dalam blog Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam

5 Komentar untuk "Cara Mudah Compress Gambar Pada Blog"

Sama, saya juga sukaknya pakai program ini. Cuma biasanya saya tidak pakai ukuran web, pakainya ukuran document. Karena kalau web ukurannya terlalu kecil dan resolusinya jadi gak bagus. Apalagi saya doyannya posting foto pake ukuran extra large. hehe

bermanfaat sekali nih, buat saya untuk mengompres pict sebelum di posting di blog :D

Terima kasih banyak ya mas, blog saya berat banget nih soalnya

Terimakasih sarannya...ternyata mudah sekali dan banyak kita gunakan sehari-hari

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top