Tips Ngeblog Untuk Pemula. Powered by Blogger.

Kenapa Blog Harus Memakai Captcha?


Bagi yang belum mengetahui apa itu captcha, yuk mengenal capctha dulu. Tapi seorang blogger pasti tak perlu dijelaskan sudah tahu, apalagi sudah lihat gambar teratas, hehe. Seperti dalam screenshoot, fungsi captcha adalah untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot.

Capctha juga tidak hanya ada pada kolom komentar blogspot saja, tapi pada isian data yang membutuhkan authentication bahwa Anda yang menuliskan benar-benar seorang manusia yang berakal, haha. Misalnya pada saat kita bikin email, untuk mengkonfirmasi data kita wajib memasukkan captcha.

Kenapa sih blog harus pasang capchta segala

Memang sih bagi blogger pemula captcha itu sepertinya kurang berguna. Bahkan hanya mengganggu orang yang hendak berkomentar. Apalagi tulisannya itu yang bikin ruwet, banyak orang yang urung menulis komentar gara-gara susah masukin kode capchta meskipun sekarang kombinasi kodenya berupa angka, lebih mudah.

Namun bagi blogger yang blognya sudah ramai pengunjung captcha ini sangat membantu sekali mengusir komentar spam dari robot. Setidaknya komentar spam sedikit terkurangi meskipun masih bisa dibobol komentar spam yang manual. Bahkan memasang captcha WAJIB dilakukan untuk blog dengan pengunjung ribuan.

Sebenarnya tidak harus dan tidak wajib. Capctha itu hanya alat untuk mengurangi komentar dari robot yang hanya membuat spam. Meskipun demikian komentar spam manual harus melalui sistem keamanan lapis kedua yaitu moderasi komentar dan secara manual pula dicek.

Jadi, mulai sekarang hargailah blog yang dipasang capctha, karena kemungkinan blog itu banyak komentar sampahnya. Saya sendiri ada beberapa blog yang menggunakan capcay dan sebagian lagi tidak. Bagaimana dengan blog kamu?

Tag : Blogging
7 Komentar untuk "Kenapa Blog Harus Memakai Captcha?"

Pada prinsip tuan rumah (owner) atau ADMIN punya HAK PREOGRATIF atas "rumah maya" nya sendiri. ADMIN bebas menentukan sistim pengamanannya masing masing. Mau di pasang CAPCAI atau tidak , semuanya terpulang kepada masing masing ADMIN. Saya sendiri menghargai Admin yang memasang sistim pengamanan (Security) blognya termasuk memasang Captcha. Bagi saya tidak ada masalah

Saya pernah memasang sistim CAPTCHA ini di blog utama saya. Namun karena sering menerima keluhan dari beberapa pengunjung blog saya yang merasa kesulitan saat mengisi kolom komentar blog saya. Sebagai tuan rumah yang baik, ADMIN yang baik, tentu saya akan menghargai jerih payah orang yg sudah meluangkan waktu, tenaga dan uangnya untuk mampir ke blog saya.

Jadi jika CAPTCHA yang saya pasang sebagai maksud untuk mencegah Spam JUSTRU malah menyulitkan para pengunjung blog saya dalam berkomentar. Atas pertimbangan demi kenyamanan dan kemudahan orang datang berkomentar di blog saya, maka CAPTCHA saya hilangkan,

blog ku enggak pake captcha, maksudnya sih biar pengunjung lebih nyaman aja buat ninggalin komentar

kadang perlu si capcay itu, tapi kadang nyebelin

Sumbang saran buat para blogger : Captcha itu lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya, tetapi kalau caycay ....??? boleh juga ....kalau ada blogger yang minat mentraktir sambil copy darat diskus seputar blogging....

Permisi pak numpang nanya ya, kenapa ya settingan blog saya dibagian komentar ga ada bagian: SIAPA YANG DAPAT MENGOMENTARI, MODERASI KOMENTAR, TAMPILAN VERIFIKASI KATA dan TAMPILAN TAUTAN BALIK. Salahnya di mana ya pak? Soalnya abis LOKASI KOMENTAR dibawahnya langsung kosong ga ada tulisan apapun. Ada yang bisa bantu jawab ga ya?

coba baca postingan ini: http://arisetim.blogspot.com/2013/10/cara-mengatasi-google-komentar.html

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top