Tips Ngeblog Untuk Pemula. Powered by Blogger.

Cara Membuat Sticky Post Blogspot

Ada yang belum tahu mengenai sticky post? Saya nggak bisa memberikan penjelasan dengan mudah apa itu sticky post, karena saya bukan guru teori, hihi. 

Yang jelas sticky post digunakan untuk membuat sebuah postingan/ tulisan blog kita berada di tempat paling atas dari laman blog. Nah, kalau di group facebook istilahnya disebut pinned postSticky post lebih populer di blog berplatform wordpress. Fitur-fitur wordpress sangat mendukung yang memudahkan untuk membuat sebuah post menjadi lekat. Tapi bukan berarti blogspot tidak bisa dibuat sama. Berikut ini cara membuat sticky post blogspot:

  1. Login ke dasbor - Tulis entry baru (buat sebuah post)
  2. Publish postingan yang telah kita buat
  3. Setelah post terpublish, kembali ke dasbor post, edit post yang akan dijadikan sticky post
  4. Tak perlu edit tulisan, hanya ubah "Dipublikasikan pada" disebelah kanan post area
  5. Ganti tanggalnya, jadikan tanggal yang akan datang, sesuai dengan waktu selesainya tulisan tersebut akan dijadikan sticky.
Misalnya tulisan kita telah terpublish pada tanggal 30 Oktober 2013. Jika kita akan menjadikan tulisan tersebut menjadi lekat (sticky) maka ganti tanggal 30 Okt 2013 menjadi tanggal setelahnya. Pada saat anda menggantinya ke tanggal 10 November 2013, maka tulisan tersebut akan melekat diurutan teratas blog kita hingga tanggal 10 November. Sehingga jika kita membuat post baru sebelum tanggal tersebut maka urutannya akan berada di bawah sticky post -karena sticky post terletak paling atas-

Perbedaan sticky post blogspot dan wordpress

Meskipun bisa membuat sticky post, blogspot sangat berbeda dengan wordpress. Perbedaannya ada pada tanggal dan lama waktunya. 

Perbedaan pertama: Sticky post blogspot hanya bertahan hingga tanggal yang sudah ditentukan sesuai dengan yang diubah. Sedangkan wordpress tidak ada masa berakhir waktu sticky postnya, selama opsi sticky post belum dihilangkan ceklistnya maka post tersebut akan tetap lekat.

Perbedaan kedua: Tanggal yang tampil di halaman blog kita saat sebuah postingan dijadikan sticky akan berbeda antara blogspot dan wordpress. Tanggal yang tampak pada blogspot adalah tanggal berakhirnya sticky post, sebagaimana contoh tadi 10 November. Sedangkan tanggal yang tertera pada wordpress adalah tanggal pertama kali publish, yaitu tanggal 30 Oktober 2013 (Jika mengikuti contoh)

Perbedaan ketiga: Proses pembuatan sticky post. Pada blogspot hanya bisa diatur ketika tulisan telah terpublish, kalau sebelum publish jadinya menjadwal post. Sedangkan pada wordpress bisa diatur sebelum dipublish.

Semoga apa yang saya tuliskan tentang cara membuat sticky post blogspot ini bisa dipahami. Mohon maaf jika tulisan ini sedikit membingungkan, saya juga bingung cara menjelaskannya bagaimana, hehe. Selamat mencoba.
Tag : Blogging
13 Komentar untuk "Cara Membuat Sticky Post Blogspot"

engga membingungkan kok om, paham paham. bisa berguna nih. simpen!

Ini bagus kalo kita bikin giveaway ya .. biar teman2 blogger pada tahu kita bikin hajatan

mudah ternyata ya caranya... ha ha :D

Jadi intinya kayak jadwalin postingan gitu kah??

dicobaa ahh,, makasih ilmuunyaa :D

dicobaa ahh,, makasih ilmuunyaa :D

Penjalasannya singkat dan padat. Terima kasih, problem sticky post saya di blogger sekarang teratasi

syukurlah di blogspot bisa juga.... walaupun kyak bikin jadwal, yg penting kan bisa :)

baru tau caranya gini diatur ulang tanggal post
makasih

kalau pakai cara ini apakah akan mempengaruhi postingan pencariannya?

url postingan kan ada tanggalnya tuh om,, ikut berubah ga?

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top