Tips Ngeblog Untuk Pemula. Powered by Blogger.

Tips Membuat Toko Online

Tips Membuat Toko Online
Toko online sudah tidak asing lagi di era ini. Seseorang tidak membutuhkan waktu lama dan banyak tenaga untuk berbelanja sesuatu, hanya tinggal klik, bayar. Bahkan belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat kota sekarang. Tak hanya itu, sebagian orang yang tinggal di desa pun sudah mulai banyak menggunakan fasilitas internet untuk memenuhi hasrat berbelanjanya.

Kemudahan berbelanja melalui internet yang disukai khalayak ini dimanfaatkan oleh orang yang ingin meraup keuntungan dengan cara membuat toko online. Dan kini toko online semakin menjamur dengan berbagai keunggulan masing-masing yang ditawarkan. Belakangan para blogger berotak bisnis mengikuti tren, berjualan dengan toko online sebagai media.

Membuat toko online sebenarnya mudah, berikut ini beberapa saran untuk pemula dalam belajar membuat toko online:

1. Persiapkan barang yang akan dijual

Sebagaimana membuat toko offline, menjual barang secara online juga pertama yang dipersiapkan adalah barang daganganya. Kecuali jika hanya menjual jasa, tapi pembahasan kita adalah barang fisik. Foto barangnya, lalu upload ke media foto online seperti flickr dll

2. Membuat blog / website toko online

Setelah selesai menyiapkan barang yang akan dijual, kita buat media untuk menjualnya. Sebenarnya banyak cara menjual barang secara online meskipun tanpa website toko online, seperti sosial media dan sejenisnya. Tapi untuk di sini kita memakai blogger sebagai toko online.

3. Carilah template toko online gratis

Template toko online sangat banyak, cari saja dengan mesin pencari sampai ketemu yang gratisan. Ya, carilah template gratisan, kan kita buat fungsinya hanya untuk belajar saja, hehe. Jangan posting apapun sebelum template blogger standar diganti dengan template toko online.

Saya memakai template Johny Ganteng dari mastemplate.com. Dan hasil dari pembelajaran saya membuat toko online bisa dilihat di sini. Pengaturan template blog gratisan biasanya disediakan oleh penyedia templatenya. Saran saya, lihat live demo template yang akan kita download terlebih dahulu.

4. Share blog anda ke jejaring sosial

Jika toko online sederhana kamu sudah jadi, share blog tersebut ke akun jejaring sosial. Harapannya teman-teman anda akan melihat toko online tersebut dan mengunjunginya. Hal itu sangat bermanfaat untuk memperoleh traffic kunjungan.

5. Sederhanakan cara pemesanan barang

Berdasarkan survey kecil-kecilan yangs saya lakukan, seorang calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli barang dagangan kita jika cara ordernya ribet. Mereka lebih suka pesan secara sederhana, misal dengan sms saja atau live chat melalui YM atau apa saja yang ada di blog anda. Jadi, sederhanakan cara order pada toko online anda

6. Konfirmasi pesanan dibutuhkan

Setelah pembeli membayar sejumlah uang untuk barang tertentu, konfirmasi pembayaran sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya barang telat dikirim karena pembeli tidak melakukan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi pembayaran dianjurkan tidak terlalu ribet dan membuat susah pelanggan. Misal dengan mengharuskan struk bukti transfer dengan cara kirim melalui fax, atau email dan lainnya, padahal tidak semua orang punya mesin fax. Yang seperti itu sangat ribet.

Menurut saya, konfirmasi pesanan cukup dengan sms. Cukup. Setelah menerima sms konfirmasi pembayaran, segeralah cek pembayaran tersebut benar-benar sudah masuk atau belum agar barang bisa dikirim dengan cepat.

7. Ramahlah dengan pelanggan

Terkadang sebagai pembeli wajar bertanya tentang apa yang kita jual melalui sms. Bersikaplah dengan ramah, sebisa mungkin untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan secara diplomatis. Saya pernah hendak membeli barang secara online, tapi ketika menanyakan salah satu jenis barang yang saya inginkan tersedia atau tidak malah nyuruh kita mengunjungi websitenya.

Calon pembeli: "Sist, kalo gaun A masih ada yang warna biru atau enggak?"

Penjual: "Maaf, saya lagi diluar, silakan lihat di www.nggakenak.com" *contoh*

Memang sih jawaban dari penjual tidak salah, tapi jawaban tersebut membuat calon pembeli tersebut mengurungkan niatnya untuk membeli. Kan belum tentu si pembeli sedang mengharap komputer. Atau mungkin dia enggak bisa online pada saat itu.

8. Pasang iklan disejumlah media

Bagi pemula, cukup pasang iklan secara online saja. Iklan baris gratis juga tak mengapa. Atau jika punya modal lebih bisa menggunakan jasa iklan berbayar seperti google adwords dan lainnya.

Masih banyak hal lain untuk didalami lebih lanjut. Jualan secara online membutuhkan ketlatenan dan keseriusan. Dan perlu diingat, kita juga harus selalu menempatkan pembeli sebagai prioritas. Meskipun ada beberapa jenis pembeli yang terkadang mengesalkan dan menyusahkan, hehe. Semoga tips membuat toko online ini bermanfaat bagi orang yang ingin memasarkan barang fisiknya secara online. Saya juga masih terus belajar, dan tidak menutup kemungkinan anda yang membaca tulisan ini lebih pandai daripada penulisnya ^^
Tag : Toko Online
7 Komentar untuk "Tips Membuat Toko Online"

Tahniah Heheiheiheie Saya memang punya rencana untuk bangun TOKO ONLINE sendiri Sayangnya kemampuan IT saya terbatas Jeblok. Jadi saya memakai TEMPLATE atau MODUL Toko ONLINE yang sudah siap pakai aja. INSTALL lalu jalankan.

Nah ini nih salah satu impian, punya toko online :p

wah lebih mantap itu pak, nggak ribet langsung bisa jalan, hehe..
salam

Terimakasih infonya gan, lebih enak lagi kalau jualan online via jasa shopious gan :D pusatnya toko online :D

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top