Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

5 Tips Dasar Sebelum Mulai Ngeblog

tips dasar sebelum mulai ngeblog

Ngeblog bisa dilakukan oleh siapapun, syaratnya hanya mempunyai koneksi internet baik melalui dekstop, laptop, maupun mobile. Kemudahan akses internet membuat seseorang bisa dengan mudah membuat blog gratis dari tutorial yang tersebar di search engine. Namun perlu menjadi perhatian bagi Anda yang baru akan memulai kegiatan blogging. Berikut 5 tips dasar sebelum mulai ngeblog:

1. Apa tujuan Anda ngeblog

Menentukan tujuan merupakan satu hal yang terpenting demi kelanggengan sebuah blog. Orang yang hanya ikut-ikutan atau sekadar punya blog saja karena gengsi tidak akan pernah bisa ngeblog dengan baik, bahkan bisa dipastikan tidak akan bertahan lama dalam kegiatan blogging.

Sebelum ngeblog, tentukan tujuan Anda ngeblog agar kegiatannya bisa terarah dengan baik. Sebab orang yang hanya ngeblog untuk berbagi tulisan dengan orang yang ngeblog untuk mendapatkan uang perlakuannya berbeda. Meskipun sebenarnya bisa saja sambil ngeblog dapat penghasilan.

2. Tentukan niche blog

Setelah menentukan tujuan, maka hal selanjutnya adalah menentukan niche blog atau tema blog Anda. Personal blog yang hanya digunakan untuk berbagi tidak perlu menggunakan nama domain keyword, tapi cukup dengan nama Anda.

Sebaliknya jika membuat blog dengan tujuan monetize sebaiknya pilih domain yang termasuk keyword yang Anda tuju. Jika dilakukan dengan benar insya Allah formula ngeblog bisa bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan.

3. Penulisan konten dilarang copas

Blogger pemula rawan copas konten milik blog lain. Saya pernah begitu karena ketidaktahuan dan baru sadar setelah beberapa lama ngeblog. Tanamkan pada diri Anda bahwa copas artikel blog orang lain tanpa sumber berarti kita tidak menghargai kekayaan intelektual orang lain.

Satu hal lagi, meskipun mencantumkan sumber, tulisan asal copas juga tidak disukai oleh mesin pencari. Blog yang tidak ramah dengan mesin pencari biasanya hanya akan sedikit pengunjung organik. Pengunjung hanya berasal dari orang-orang yang tahu blog kita saja.

4. Butuh konsistensi dalam ngeblog

Konsistensi dan ketlatenan sangat dibutuhkan dalam kegiatan blogging. Maka dari itu sejak sebelum memulai ngeblog harus Anda ketahui agar tidak gampang patah semangat. Butuh konsistensi artinya kita harus bisa update blog secara berkala terus menerus. Bagi visitor unik jarang update blog itu tidak masalah. Akan tetapi bagi return visitor atau pembaca setia blog Anda akan terus menanti post terbaru.

5. Cari komunitas dengan passion serupa

Poin terakhir sangat erat kaitannya dengan poin sebelumnya. Untuk menjaga konsistensi dalam ngeblog bisa diatasi dengan cara mengikuti suatu komunitas dengan passion / hobi serupa. Ada banyak komunitas blogger di Indonesia, silakan cari dan pilih sesuai dengan karakter Anda. Salah satu komunitas blogger Indonesia rekomendasi saya adalah Warung Blogger

Komunitas ini diikuti oleh blogger seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa blogger yang berdomisili di luar negeri. Baru 3 tahun berdiri, Warung Blogger cukup pesat perkembangannya. Dengan tagline ngopi asyik bareng blogger, komunitas ini ditujukan untuk ajang silaturahmi bagi para blogger di Indonesia. Bagi yang ingin bergabung silakan follow  twitternya @Warung_Blogger.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum mulai ngeblog. Dengan mempersiapkan diri sebelum ngeblog akan semakin membuat Anda lebih mantap di dunia blogsphere.

Cara Mencerahkan Kulit

Tag : Blogging
1 Komentar untuk "5 Tips Dasar Sebelum Mulai Ngeblog"

Thanks gan tips nya :)
Gw pemula bgt d dunia blogger gan n jujur gw gk tw gmn caranya dapat pengunjung gan, mohon bantuannya & klo punya waktu mampir jg k blog gw gan desmansz.blogspot.com

Makasih gan
Salam Kompak

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top