Tips Ngeblog Untuk Pemula. Powered by Blogger.

Tips Memilih Template Blog

Template blog merupakan suatu komponen utama yang harus diperhatikan. Selain memperindah kecantikan tampilan blog, template blog juga membuat betah para pembaca blog kita jika ada artikel post yang panjang. Biasanya sih, termasuk saya, paling males baca post panjang, haha. Tapi saya akan tetap membacanya hingga selesai jika tampilannya cantik ^^

Apa saja tips-tips memilih template blog ala saya, ini dia kriterianya:

1. Template Eye Catching (Enak dipandang)

tips memilih template blog
Sungguh seseorang akan tertarik membaca blog anda saat apa yang pertama kali dilihat itu mengenakkan. Sebagaimana sebagian besar kita dalam memilih pasangan hidup, pertama kali yang dilihat adalah parasnya, templatenya. Kalau dilihat mengenakkan maka akan ditelusuri lebih dalam lagi. Maka dari itu carilah template yang enak dipandang. Yah, setidaknya kita mendapatkan klik dari pandangan pertama para pembaca atau calon pembaca blog, haha.

2. Simple dan tidak rumit

tips memilih template
Simple dan tidak rumit ini mungkin bisa jadi masuk dalam kategori eye catching. Tapi saya membedakannya karena persepsi saya sedikit berbeda meskipun dinilai dari segi penampilan. Pernahkah anda melihat satu blog yang isinya gambar flash sidebar, postingan, dan kebanyakan widget aneh lainnya? ya, itu tidak simpel dan rumit. Jika tidak mendesak, lebih baik tidak mengunjungi blog itu, hehe. Beneran, terkadang malah ada blog yang background dan tulisan warnanya hampir mirip, udah gitu hurufnya miring-miring nggak karuan. Terkadang kebanyakan iklan, aaarrggh malah itu membuat blog terlihat rumit.

3. SEO Friendly
tips memilih template blog

Template yang SEO friendly sebenarnya bisa diutakatik sendiri dengan edit html. Tapi jika tidak begitu mengerti edit html template blog maka lebih baik cari template yang sudah disetting seo friendly. Template SEO friendly yang dimaksud adalah template tersebut mudah ditemukan di mesin pencari. Jadi blog dengan template yang ramah SEO akan lebih mudah ditemukan.

4. Responsive

tips memilih template blog
Alhamdulillah untuk template blogger bawaan bisa dengan mudah disetting responsive. Template responsive maksudnya bahwa tampilan blog anda akan otomatis menyesuaikan jika dilihat pada layar berukuran berapapun. Misal dilihat dihandphone, maka blog akan menyesuaikan dengan lebar layar, tulisan tidak terpotong.

Demikian empat tips memilih template blog dari saya. Meskipun masih ada banyak kriteria, tapi menurut saya 4 hal itu yang utama. Memang sih semua tips diatas sebenarnya bisa dibuat sendiri, tapi syaratnya anda harus paham struktur html, hehe. Saya sih mending cari template yang sudah dicustom oleh para master.

Perlu diketahui juga, biasanya template dengan kriteria lengkap seperti yang kita inginkan akan sedikit susah. Makanya lebih baik pilih yang paling penting dan mendasar, yang lain bisa kita pelajari kemudian hari. Nah, bagaimana dengan kriteria template yang anda sukai?
Tag : Blogging, Tips
0 Komentar untuk "Tips Memilih Template Blog"

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top