Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Optimasi Konten Blog

tips optimasi konten blog

Kata para master seo, content is the king. Dalam dunia blog, konten adalah raja. Isi artikel yang bagus akan menambah nilai di mesin pencari. Kita harus mempelajari cara menulis konten blog yang benar sebelum belajar SEO lebih jauh. Jika kita sudah pandai membuat artikel blog yang berbobot maka baru belajar seo onpage dan offpage. Saya juga lagi belajar bagaimana cara membuat artikel yang bagus, hehe. Masih dengan metode trial and error.

Beginilah tips optimasi konten blog ala saya sebagai seorang yang baru belajar seo:

1. Buatlah artikel fresh content

Artikel fresh content artinya artikel anda merupakan artikel baru yang sebelumnya belum pernah diposting dalam blog lain. Artinya anda tidak boleh membuat artikel copy-paste dari blog orang. Original. Google bisa mengetahui itu semua. Tulislah konten yang benar-benar berisi informasi untuk pembaca.

2. Penulisan judul artikel

Judul merupakan ringkasan yang dibuat untuk menggambarkan isi artikel. Dari judul kita sudah bisa diarahkan tentang pokok bahasan dari sebuah artikel. Buatlah judul artikel yang menarik untuk mendapatkan pembaca. Biasanya judul artikel untuk optimasi lebih disukai yang mengandung 5W+1H (what, when, where, why, who + how). Hampir mirip seperti pelajaran bahasa Indonesia saat SMA dulu, haha. Sekarang algoritma google disempurkan semirip mungkin dengan manusia. Sehingga blog-blog yang berada di halaman satu benar-benar dibutuhkan seseorang melalui pencarian sebuah keyword. Judul artikel hendaklah berisi dengan keyword

3. Penempatan link yang baik

Buatlah link yang menuju ke halaman artikel blog tersebut dengan anchor text keyword yang anda inginkan, dalam hal ini yang termuat dalam judul blog minimal dua. Dan satu lagi buatlah link ke artikel lain dalam blog anda yang relevan.

4. Sebaiknya tidak terlalu banyak link

Internal link atau link ke dalam blog kita sendiri itu penting, tapi bukan berarti kita harus memperbanyak link dalam satu konten. Terlalu banyak link akan membuat pembaca blog kurang nyaman ketika membaca artikel yang anda buat. Dalam bahasa optimasinya juga ada istilahnya, tapi saya lupa, hehe. Kelebihan link itu juga dibenci oleh google. Paling tidak satu link dalam satu paragraf.

5. Tandai keyword dengan bolt

Banyak yang bilang mempertebal huruf pada keyword sudah tidak berpengaruh pada seo. Tapi sebaiknya masih digunakan. Meskipun tidak berpengaruh pada seo, tapi penebalan huruf juga berfungsi untuk penekanan kepada pembaca juga mengenakkan saat dibaca.

Artikel ini merupakan tips yang paling dasar untuk optimasi seo. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi pengetahuan saya masih sedikit, hanya sampai disitu, hahaha. Mari sama-sama belajar membuat konten yang bagus dan berbobot. Semoga tips optimasi konten blog ini bisa membantu anda memperdalam ilmu ngeblog sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain.
1 Komentar untuk "Tips Optimasi Konten Blog"

Boleh donk mas diajarin SEO juga :)

Salam
ANarts

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top