Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Itu Domain dan Hosting?

Mengenal Domain dan Hosting

Sebelum mengenal dunia blogging, saya buta sekali dengan internet. Saya baru mengetahui cara internetan setelah mengenal dunia blog. Jangankan domain, apalagi hosting, menggunakan facebook dan twitter saja masih bingung, hehe. Baik, mari saya bantu perkenalkan dengan yang namanya domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting?

Nama Domain (Domain Name)

Orang biasa menyebutnya domain (saja). Adalah nama unik yang berfungsi mengidentifikasikan nama server komputer di internet. Sebenarnya alamat server komputer yang kita akses itu terdiri dari deretan angka-angka panjang. Biasa disebut dengan alamat IP (Internet protocol address). Nah, alamat IP tersebut diubah menjadi nama domain agar seorang mudah mengingat alamat IP. Nama domain juga bisa disebut dengan alamat website atau URL (uniform resource locator).

Contoh nama domain: www.google.com atau www.yahoo.com atau http://aritunsa.com atau yang lainnya. Nama domain akan terlihat di address bar browser Anda. Lihat gambar di bawah ini

apa itu domain

Hosting

Hosting merupakan lokasi tempat dimana file-file / dokumen yang kita akses berada. Secara gampangnya, hosting itu rumahnya dan domain itu alamatnya. Jika Anda ingin menemukan rumah saya (hosting) maka harus mengetahui alamatnya (nama domain). Di dalam rumah (hosting) tersebut isinya saya dan istri (nama file yang diakses).

Oke, sekarang stop ngurusin rumah saya haha. Hosting itu anggap saja seperti hardisk komputer, bisa dibagi-bagi.

Bagaimana cara mendapatkan hosting?

Banyak penyedia hosting gratis maupun berbayar di dunia ini. Hosting gratisan contohnya idhostinger.com. Sedangkan hosting berbayar diantaranya idwebhost.com, jogjahost.com, kuncihost.com atau yang lainnya.

Setiap penyedia hosting pasti menyediakan domain juga. Jadi, jika Anda ingin mempunyai website profesional sendiri dengan domain sesuai keinginan silakan beli yang berbayar. Harganya bervariasi, untuk pemula gunakan paket domain + hosting yang kecil saja, biasanya sekitar 200 ribuan. Silakan cek pada salah satu penyedia domain dan hosting berbayar.
1 Komentar untuk "Apa Itu Domain dan Hosting?"
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top