Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Memaksimalkan Blog Untuk SEO


Saat pertama kali ngeblog, saya hanya tahu menulis post lalu blogwalking. Itu saja, belum tahu apapun yang ada di dunia blogsphere. Seiring bertambah lamanya aktivitas ngeblog, sedikit demi sedikit saya tahu caranya bagaimana cara memaksimalkan blog untuk SEO.

Inilah beberapa tips optimasi blog untuk SEO versi saya :D

1. Pilih Template

Template menjadi suatu yang sebenarnya sangat penting bagi blog. Template blog yang bagus, enak dilihat bisa menyebabkan pengunjung akan kembali lagi ke blog Anda. Definisi template bagus tidak perlu yang berbayar mahal atau warna warni. Menggunakan template blogspot gratis saja sudah cukup untuk blog Anda.

Menurut saya sendiri, template yang bagus adalah template blog yang simple dan navigasinya jelas. Bisa dibedakan mana widget dan mana post area, warna huruf dan background juga tidak samar. Silakan lihat tulisan dari saya tentang tips memilih template blog Anda. Pilih template yang fast load dan seo friendly :D

2. Atur Penggunaan Widget

Template yang bagus saja tidak cukup, untuk memaksimalkan sebuah blog Anda harus mengatur widget. Pergunakan widget secara fungsional, memperhatikan fungsi daripada kesenangan sendiri. Maksudnya, Anda boleh saja menyukai widget tertentu untuk ditampilkan di blog, dan itu hak Anda. Tapi saran saya jangan mengedepankan itu, utamakan fungsi.

Misalnya, kita senang meletakkan widget jam di sidebar, atau widget gambar ikan yang ketika kursor diarahkan ikan akan mendekat. Itu semua memang bagus, tapi menurut saya fungsinya tidak begitu besar. Bahkan terlalu banyak widget yang tidak berguna akan memperberat loading blog. Dan hal itu tidak bagus untuk pengunjung, terlebih pengunjung dengan koneksi internet lola. Sebagus apapun artikel yang Anda tulis, pasti tidak disukai pengunjung karena berat loading. Kalau untuk manusia saja tidak ramah bagaimana untuk mesin pencari :D

3. Rapikan Konten

Content is The King. Itu benar adanya, konten adalah bagian paling penting bagi sebuah blog. Pengunjung akan mengunjungi blog Anda karena konten yang dicari. Konten juga merupakan salah satu indikator Search Engine Optimization (SEO)

Merapikan konten itu termasuk memilih warna huruf yang kontras dengan backgroun dan tidak alay. Bahasa konten juga gunakan bahasa yang baik dan benar, tidak mesti baku asal enak dibaca. Bisa membedakan kalimat yang di bolt atau miring, itu juga berfungsi untuk optimasi SEO. Anda juga bisa membaca tips optimasi konten blog untuk SEO.

Demikian cara memaksimalkan blog untuk SEO versi saya, sebenarnya ada banyak faktor untuk membuat blog ramah dengan mesin pencari. Hanya saja, jika tiga hal itu sudah diaplikasikan pada blog Anda, lama kemalamaan Anda akan tahu seluk beluk SEO. Mari rajin belajar ^^

0 Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Blog Untuk SEO"

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top