Cara dapat uang dari Internet

Tips Ngeblog Untuk Pemula. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis

cara membuat daftar isi
Selain SEO friendly, blog yang bagus harus memiliki kriteria USER friendly. Artinya blog harus ramah terhadap pengunjung blog kita. Ada beberapa syarat yang harus ada pada blog jika ingin dikatakan user friendly, salah satunya menyediakan satu halaman khusus untuk pengunjung agar bisa mengakses seluruh konten dalam blog. 

Halaman tersebut biasa kita sebut DAFTAR ISI. Andaikan blog itu sebuah buku tebal, maka hal pertama kali yang dilakukan pembaca buku untuk menjamah seluruh isi buku adalah dengan melihat daftar isinya. Begitu pula dengan blog, ada banyak judul artikel yang ada pada blog dan akan sangat berguna bagi pengunjung jika diletakkan pada satu halaman. Jadi pengunjung blog bisa memilih dan memilah tulisan mana yang ingin dibacanya.

Menyediakan daftar isi yang mencakup seluruh isi blog termasuk salah satu cara yang harus dilakukan pemilik blognya menjadi user friendly :D Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi blog, diantaranya:

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Manual #1


Membuat daftar isi blog secara manual membutuhkan waktu yang agak lama dan ribet. Namanya juga manual, semuanya serba satu persatu. Caranya Anda harus membuat halaman yang diberi judul "Daftar Isi" atau semacamnya.

Isi halaman tersebut dengan artikel yang sudah terpublish di blog dan diberi link satu persatu ke artikel yang dimaksud. Hal ini tentu akan sangat melelahkan, terlebih jika konten dalam blog Anda sudah berjumlah ratusan bahkan ribuan :D Cara yang mudah dengan memasang daftar isi otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis #2


Daripada membuat daftar isi manual lebih baik buat yang otomatis. Hanya beberapa langkah kita sudah bisa membuatnya dengan sekejap. Sudah begitu tidak perlu update halaman jika ada konten baru. Konten akan otomatis masuk ke dalam halaman tersebut. Berikut cara-caranya:

1. Login ke dasbor blog Anda

2. Buat halaman baru sebagai halaman daftar isi, beri judul sesuai isinya

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis

3. Ubah mode HTML, lalu paste script berikut di text area

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis

Kode yang dipasang:

<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://arisetim.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Ganti kode yang berwarna merah dengan URL blog Anda masing-masing. Kalau URLnya masih seperti di atas maka daftar isinya berisi konten-konten blog ini.

4. Klik "Publikasikan" dan selesai

Silakan lihat blog Anda kembali, klik halaman DAFTAR ISI yang baru saja dibuat. Silakan lihat DEMOnya di halaman daftar isi blog ini.

Daftar isi tersebut terpasang sesuai kategori dalam blog sehingga lebih memudahkan. Tidak perlu repot mengupdate halaman daftar isi jika ada tulisan terbaru, otomatis terupdate dan masuk daftar isi. Ditambah lagi setiap tulisan baru akan mempunyai tanda "NEW".

Berikut ini capture halaman daftar isi blog ini:

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

1 Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis"

Wah baru tau ya. Hmmm
Bole dicoba nih

Mari budayakan komentar yang positif

Back To Top